Senin, 15 Februari 2010

Silabus Kls X Ganjil

SILABUS MADRASAH ALIYAH ATTAQWA

Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas / Jurusan : X Sepuluh
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Mampu menjelaskan pengertian al-Qur’an, Wahyu dan menyebutkan bukti keotntikan al-Qur’an

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Penilaian
Sumber
Menjelaskan pengertian al-Qur’an, Wahyu dan menyebutkan bukti keotentikan al-Qur’an
A. Al-Qur’an dan Wahyu
Pengertian al-Qur’an
Pengertian Wahyu
Perbedaan al-Qur’an, Hadis Qudsi dan Hadis Nabi
Nama-nama lain al-Qur’an dan maknanya
B. Cara Wahyu Diturunkan
· Cara al-Qur’an turun kepada Nabi Muhammad
· Ayat pertama diturunkan dan isi kandungannya
· Ayat terakhir diturunkan dan isi kandungannya


C. Proses Diturunkannya al-Qur’an
· Tahap turunnya al-Qur’an
· Priodesasi turunnya al-Qur’an
· Hikmah al-Qur’an diturunkan secara bertahap

D. Bukti Keotentikan al-Qur’an
· Jaminan Kemurnian, Keagungan dan Kehebatan al-Qurr’an
· Bukti-bukti kebenaran al-Qur’an
· Jaminan kesempurnaan al-Qur’an

· Secara Individu membaca referensi, menghafal pengertian al-Qur’an, Wahyu dan menyebutkan bukti keotentikan al-Qur’an
· Setelah proses pembelajaran siswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan pengertian al-Qur’an, Wahyu dan menyebutkan bukti keotentikan al-Qur’an
§ Siswa diharapkan mampu menyebutkan pengertian al-Qur’an secara tertulis
§ Siswa diharapkan dapat Menyebutkan pengertian Wahyu secara tertulis
§ Siswa diharapkan dapat Mengindivikasi nama-nama lain dari al-Qur’an
§ Siswa diharapkan dapat membedakan al-Qur’an dengan Hadis Nabawi
§ Siswa diharapkan dapat membedakan al-Qur’an dengan Hadis Qudsi dan Hadis Nabawi
§ Siswa diharapkan dapat Menyebutkan bukti keotentikan al-Qur’an

2 x 45
Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
1. Lembar peraga peta konsep dan sketsa penerapan konsep
2. Buku Ajar yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
3. Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan.
4. Lembar Kegiatan Siswa “Hikmah” Forum Guru Bina PAI.










SILABUS MADRASAH ALIYAH ATTAQWA

Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas / Jurusan : X Sepuluh
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Mampu menerapkan ajaran Isi Pokok Ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Penilaian
Sumber
Menjelaskan Isi Pokok Ajran al-Qur’an
A. Masalah Aqidah
B. Masalah Ibadah
C. Masalah Mu’amalah
D. Masalah Akhlak
E. Masalah Hukum
F. Masalah Sejarah
G. Masalah Dasar-dasar Sain

· Secara Individu membaca referensi, menghafal Isi Pokok Ajran al-Qur’an
· Setelah proses pembelajaran siswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan Isi Pokok Ajran al-Qur’an
§ Siswa diharapkan mampu membaca ayat al-Qur’an tentang Isi Pokok Ajran al-Qur’an
§ Siswa diharapkan dapat Menyebutkan Isi Pokok Ajran al-Qur’an
§ Siswa diharapkan dapat membuat skema tentang Isi Pokok Ajran al-Qur’an
§ Siswa diharapkan mampu menjelaskan Isi Pokok Ajaran al-Qur’an

2 x 45
Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
1. Lembar peraga peta konsep dan sketsa penerapan konsep
2. Buku Ajar yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
3. Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan.
4. Lembar Kegiatan Siswa “Hikmah” Forum Guru Bina PAI.




SILABUS MADRASAH ALIYAH ATTAQWA

Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas / Jurusan : X Sepuluh
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Mampu Menjelaskan Fungís Tujuan dan Kedudukan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Penilaian
Sumber
Menjelaskan Fungís Tujuan dan Kedudukan al-Qur’an
A. Fungsi dan Tujuan al-Qur’an Diturunkan
a. Petunjuk Bagi Manusia
b. Sumber Pokok Ajaran Islam
c. Peringatan dan Pelajarab Bagi Manusia
B. Kedudukan Al-Qur’an Dalam Islam

C. Al-Qur’an Mukjizat Rasulullah
1. Pengertian Mukjizat
2. Al-Qur’an Mukjizat Muhammad yang Abadi
3. Segi-Segi Kemukjizatan al-Qur’an

· Secara Individu membaca referensi, menghafal Fungís Tujuan dan Kedudukan al-Qur’an
· Setelah proses pembelajaran siswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan Fungís Tujuan dan Kedudukan al-Qur’an
§ Siswa diharapkan mampu Menjelaskan Fungís Tujuan dan Kedudukan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
§ Siswa diharapkan mampu menunjukan sikap tertarik untuk menggunakan al-Qur’an sebagai pedoman hidup

2 x 45
Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
1. Lembar peraga peta konsep dan sketsa penerapan konsep
2. Buku Ajar yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
3. Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan.
4. Lembar Kegiatan Siswa “Hikmah” Forum Guru Bina PAI.

















SILABUS MADRASAH ALIYAH ATTAQWA

Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas / Jurusan : X Sepuluh
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Siswa diharapkan mampu Mempraktekan Cara Mencari Surat dan Ayat dalam al-Qur’an

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Penilaian
Sumber
Cara Mencari Surat dan Ayat dalam al-Qur’an

A. Surat dan Ayat Dalam Al-Qur’an
B. Nomer Urut dan Nama Surat dalam al-Qur’an
C. Cara Mencari Surat dan Ayat dalam Al-Qur’an

· Secara Individu Siswa mengerti Cara Mencari Surat dan Ayat dalam al-Qur’an
· Setelah proses pembelajaran siswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan Cara Mencari Surat dan Ayat dalam al-Qur’an

- Siswa diharapkan mampu menyebutkan nomer urut surat-surat dalam al-Qur’an
- Siswa diharapkan dapat Menyebutkan Nama surat dalam al-Qur’an melalui identifikasi nomer surat maupun Juz
- Siswa diharapkan dapat menggunakan kitab Fathur Rahman atau Kitab Mu’jam Al-Mufahros Fi al-Fazhil Qur’an untuk mencari ayat-ayat dalam al-Qyr’an
· Siswa diharapkan mampu Mempraktekan Cara Mencari Surat dan Ayat dalam al-Qur’anAl-Qur’an

2 x 45
Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
1. Lembar peraga peta konsep dan sketsa penerapan konsep
2. Buku Ajar yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
3. Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan.
4. Lembar Kegiatan Siswa “Hikmah” Forum Guru Bina PAI.






















SILABUS MADRASAH ALIYAH ATTAQWA

Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas / Jurusan : X Sepuluh
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Mampu menerapkan ajaran Isi Pokok Ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Penilaian
Sumber
Menjelaskan Isi Pokok Ajaran Al-Qur’an
Masalah Aqidah
Masalah Ibadah
Masalah Mu’amalah
Masalah Akhlak
Masalah Hukum
Masalah Sejarah
Masalah Dasar-dasar Sain

· Secara Individu membaca referensi, menghafal Isi Pokok Ajaran Al-Qur’an
· Setelah proses pembelajaran siswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan Isi Pokok Ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan zaherí-hari
§ Siswa diharapkan mampu membaca ayat al-Qur’an tentang Isi Pokok Ajran al-Qur’an
§ Siswa diharapkan dapat Menyebutkan Isi Pokok Ajran al-Qur’an
§ Siswa diharapkan dapat membuat skema tentang Isi Pokok Ajran al-Qur’an
§ Siswa diharapkan mampu menjelaskan Isi Pokok Ajaran al-Qur’an

2 x 45
Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
5. Lembar peraga peta konsep dan sketsa penerapan konsep
6. Buku Ajar yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
7. Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan.
8. Lembar Kegiatan Siswa “Hikmah” Forum Guru Bina PAI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar